Sponsor

Thursday, July 24, 2014

Muslim Sunni Di Tangkap Pemerintah Syiah Iran Kerana Solat Tarawih...

Pemerintah Iran menangkap sekitar tujuh orang dari komunitas muslim sunni di kota Ahwaz, Jumat (18/7/2014). Penangkapan ini dilakukan setelah ketujuh orang tersebut ketahuan melakukan sholat tarawih di salah satu rumah di utara kota tersebut.
Pegiat dari Human Right Activities membenarkan penangkapan tersebut. Selain tujuh orang dewasa, anak-anak mereka juga ikut diamankan oleh pemerintah Iran, demikian seperti dikutip dari alarabiya, Senin (21/7/2014).

Sholat tarawih sengaja dilakukan secara tersembunyi di salah satu rumah mengingat pemerintah Iran menerapkan kebijakan represif terkait perbedaan madzhab di negara itu. Meskipun pasal 23 dari konstitusi menyebutkan bahwa rakyat dibolehkan menganut ajaran diluar ajaran syiah, pada prakteknya hal itu sulit terwujud.

Bahkan dalam beberapa tahun belakangan, pemerintah Iran telah melakukan penangkapan besar-besaran terhadap warga Iran yang berpindah keyakinan dari Syiah ke mazhab Sunni atau yang pemerintah Iran sebut sebagai ajaran “Wahabi”.Mereka yang aktif dalam dakwah dan penyebaran madzhab sunni bahkan ada yang mendapatkan vonis tahanan puluhan tahun.
Ahwaz merupakan salah satu penghasil minyak terbesar di dunia dan banyak dihuni oleh keturunan arab sunni. Komunitas ini, meskipun sudah beratus-ratus tahun lamanya tinggal di wilayah tersebut selalu mendapat perhatian negatif dari pemerintah pusat Iran lantaran perbedaan keyakinan yang dimiliki- Gema Islam/22 Jul 2014

0 comments:

Post a Comment

http://penburukonline.blogspot.my/